RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Status Pendidikan : MA Nurul Huda Tegal Mukti
Kelas / Semester : XI / Ganjil
Mata pelajaran : Aqidah-Akhlak
Jumlah Pertemuan : 1 Kali Pertemuan (2 x 45 menit)
Standar kompetensi : 1. Memahami Ilmu Kalam
Kompetensi Dasar : 1.2. Menjelaskan Hubungan Ilmu Kalam Dengan
Ilmu lainnya.
Alokasi Waktu : 2 Jam Pelajaran ( 2 x 45 Menit )
A. Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
1. Menjelaskan pengertian Ilmu Kalam
2. Mendeskripsikan masalah pokok Ilmu Kalam
3. Memahami Hubungan Ilmu Kalam dengan ilmu lainnya.
5. Menelusuri latar belakang Ilmu Kalam
B. Materi Ajar
· Hubungan Ilmu Kalam dengan Ilmu Lainnya
C. Metode :
· Ceramah
· Tanya Jawab
· Diskusi kelompok
· Inkuiri
· Pengamatan
· Penugasan
D. Langkah-langkah pembelajaran :
Kegiatan | Waktu | Aspek life skill yang dikembangkan |
· Pertemuan kedua (2 x 45 Menit) 1. Kegiatan Awal (10 menit) Apersepsi dan Motivasi : o Memberikan salam pembuka o Mendiskusikan masalah pokok ilmu kalam o Meneluasuri latar belakang ilmu kalam o Mendiskusikan masalah pokok yang diperdebatkan dalam ilmu kalam 2. Kegiatan inti (70 menit) o Tanya jawab awal tentang hubungan Ilmu Kalam dengan ilmu lainnya. o Guru memberikan ilustrasi tentang hubungan Ilmu Kalam dengan ilmu lainnya. o Guru menyebutkan masalah pokok Ilmu Kalam o Mendiskusikan dalam kelompok tentang hubungan Ilmu Kalam dengan ilmu lainnya. o Siswa mempresentasi hasil diskusi kelompok tentang hubungan Ilmu Kalam dengan ilmu lainnya. 3. Kegiatan penutup (10 menit) o Guru mengajak siswa dan siswa membuat kesimpulan tentang hubungan Ilmu Kalam dengan ilmu lainnya. o Guru memberikan tes secara lisan tentang hubungan Ilmu Kalam dengan ilmu lainnya. o Memberikan salam penutup | Pemahaman Konsep |
E. Sumber Belajar :
· Internet dan Intranet
· Buku paket Aqidah Akhlak yang relevan
· LKS Aqidah Akhlak
· LCD
· Dll
F. Penilaian :
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Penilaian | Contoh Instrumen |
Ø Menyebutkan masalah pokok Ilmu Kalam | Tes Tulis | Jawab Singkat | Ø Sebutkan masalah pokok Ilmu Kalam? |
Ø Menjelaskan latar belakang Ilmu Kalam | Tes Tulis | Uraian | Ø Jelaskan latar belakang Ilmu Kalam? |
Ø Menjelaskan masalah pokok yang diperdebatkan dalam Ilmu Kalam | Tugas kelompok | Uraian | Ø Jelaskan masalah pokok yang diperdebatkan dalam Ilmu Kalam? |
Tegal Mukti 20 Mei 2011
Mengetahui, Guru Mapel Aqidah Akhlak
Kepala Madrasah Aliyah
___________________ ______________________
NIP. NIP.
PROGRAM TAHUNAN
Satuan Pendidikan : MA Nurul Huda Tegal Mukti
Mata Pelajaran : Akidah Akhlak
Kelas / Semester : X / Ganjil
Tahun Pelajaran : 2010 -2011
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | MATERI | ALOKASI WAKTU |
1. Memahami prinsip-prinsip dan metode peningkatan kualitas akidah | 1.1 Menjelaskan prinsip-prinsip akidah | · Prinsip-prinsip akidah | |
1.2 Menjelaskan metode-metode peningkatan kualitas akidah | · Metode-metode peningkatan kualitas akidah | ||
1.3 Menerapkan prinsip-prinsip akidah dalam kehidupan | · Prinsip-prinsip akidah dalam kehidupan | ||
1.4 Menerapkan metode-metode peningkatan kualitas akidah dalam kehidupan | · Metode-metode peningkatan kualitas ibadah dalam kehidupan | ||
Ulangan Harian 1 | · | ||
2. Memahami Tauhiid | 2.1 Menjelaskan pengertian tauhiid dan istilah-istilah lainnya | · Pengertian tauihid dan istilah-istilah lain | |
2.2 Menjelaskan macam-macam tauhiid (uluuhiyah, rubuubiyah, mulkiyah, rahmaniyah dan lain-lain) | · Macam-macam tauhid | ||
2.3 Menunjukkan perilaku orang yang ber-tauhiid | · Perilaku orang bertauhid | ||
2.4 Menerapkan perilaku ber-tauhiid dalam kehidupan sehari-hari | · Perilaku bertauhid dalam kehidupan sehari-hari | ||
Ulangan Harian 2 | |||
3. Memahami syirik dalam Islam | 3.1. Menjelaskan pengertian syirik | · Pengertian syirik | |
3.2. Mengidentifikasi macam-macam syirik | · Macam-macam syirik | ||
3.3. Menunjukkan perilaku orang yang berbuat syirik | · Perilaku orang berbuat syirik | ||
3.4. Menjelaskan akibat perbuatan syirik | · Akibat perbuatan syirik | ||
3.5. Membiasakan diri menghindari hal-hal yang mengarah kepada perbuatan syirik dalam kehidupan sehari-hari | · Menghindari hal-hal yang mengarah kepada perbuatan syirik dalam kehidupan sehari-hari | ||
Ulangan Harian 3 | |||
4. Memahami masalah akhlak dan metode peningkatan kualitas akhlak | 4.1 Menjelaskan pengertian akhlak | · Pengertian akhlak | |
4.2 Menjelaskan induk-induk akhlak terpuji dan induk-induk akhlak tercela | · Induk-induk akhlak terpuji dan induk-induk akhlak tercela | ||
4.3 Menjelaskan macam-macam metode peningkatan kualitas akhlak | · Macam-macam metode peningkatan kualitas akhlak | ||
4.4 Menerapkan metode-metode peningkatan kualitas akhlak dalam kehidupan | · Metode-metode peningkatan kualitas akhlak dalam kehidupan | ||
Ulangan Harian 4 | |||
Jumlah |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar